Kompetisi Bundesliga Jerman Resmi Dimulai Kembali

0
36

Setelah sekian lama banyak kompetisi olahraga yang dihentikan sementara,karena virus corona,Bundesliga Jerman akhirnya dimulai kembali.Walaupun harus melalui serangkaian tahap kesehatan dan keamanan untuk menjamin agar semua pihak yang terkait bisa tetap dalam kondisi aman dari virus corona.Bundesliga dimulai dengan pertandingan diantaranya yang paling menarik perhatian adalah laga antara Borussia Dortmund vs Schalke04. Bermain di Signal Iduna Park yang merupakan kandang sendiri,Dortmund berhasil menang telak dengan skor 4-0.Gol-gol tuan rumah dicetak oleh Raphael Guerreiro,(dua gol),Erling Braut Haaland,dan Thorgan Hazard.

Namun sesuai dengan ketentuan walaupun pertandingan sepakbola sudah digelar,tetapi diadakan dengan tanpa kehadiran penonton.Bundesliga tidak mengizinkan para pendukung untuk datang ke stadion.Karena sudah menjadi hal yang umum untuk mencegah virus corona dengan tidak menimbulkan keramaian.Total enam pertandingan telah diadakan pada pekan ke 26 Bundesliga 2019/2020,dimana empat tim berhasil menang dan sisanya meraih hasil imbang.Sebagai informasi Bundesliga Jerman telah menjadi negara pertama yang mengizinkan kompetisi sepakbola dimulai kembali,setelah sempat dihentikan pada awal Maret lalu.

Berbagai aturan telah disusun dengan tujuan menjaga kondisi keamanan setiap orang. Diantaranya jumlah orang yang terlibat dibatasi hingga 322 orang ,sampai melakukan konferensi pers dengan cara virtual.Selain itu aturan pergantian pemain juga sudah berubah dengan diizinkannya pergantian hingga 5 orang pemain.Selain itu tercatat beberapa hal yang tidak biasa terjadi dalam kondisi normal.Dikutip dari BBC,beberapa hal yang terjadi diantaranya,

Para pemain datang dengan bus yang berbeda

Khusus pada pertandingan pertama Bundesliga setelah sekian lama ditunda,para pemain tidak bisa datang bersama-sama dalam satu bus.Untuk menjga jarak antar pemain agar tidak terlalu ramai,para pemain pun masuk ke beberapa bus,untuk mencegah penyebaran virus corona.

Mendapat karantina dan tes secara berkala di hotel

Para pemain dan pihak klub yang terlibat,harus berpisah dengan keluarga mereka,untuk menghidari kontak yang bisa saja membawa virus corona.Mereka harus tinggal selama seminggu di hotel dan melakukan tes secara reguler.

Wajib memakai masker

Ketika keluar dari bus sampai duduk di bench,para pemain diharuskan untuk memakai masker.Pemain yang telah diganti juga harus memakai masker ketika duduk dibangku cadangan.Tetapi untuk pelatih dan pemain cadangan diizinkan melepas masker ketika melakukan pemanasan.

Bola yang akan dipakai akan disemprot disinfektan

Bola yang akan digunakan sebelum pertandingan dan saat jeda babak kedua akan disemprot oleh ballboy dengan disinfektan.Selain itu mereka juga tidak diizinkan untuk memegang bola,tetapi,menaruhnya dititik tertentu,yang memudahkan para pemain untuk mengambilnya ketika bola keluar dari lapangan.

Sesi Wawancara setelah pertandingan

Para pemain dan pelatih yang mendapat sesi wawancara akan melakukan kontak dengan jarak yang jauh menggunakan mikrofon yang disambung dengan stik panjang.Adapun sesi jumpa pers,dilakukan melalui video conference,sehingga tidak menciptakan keramaian.

Pertandingan yang normal,dan juga selebrasi gol

Ketika pertandingan sepakbola dilakukan,tidak ada pembatasan jarak,karena pertandingan berjalan secara normal.Namun saat merayakan terciptanya gol,para pemain masih ada yang menjaga jarak,ada juga yang melakukan tos siku,namun masih ada yang mencium rekan setimnya seperti yang dilakukan Dedryck Boyata kepada Marko Grujic ketika Hertha Berlin melawan Hoffenheim.

Stadion kosong sehingga suara pemain dan pelatih terdengar dengan jelas

Karena pendukung dilarang untuk datang kestadion maka suasana pertandingan menjadi berbeda dari biasanya.Hanya terdengar suara dari pelatih,dan juga pemain yang memanggil rekan setimnya.

Tidak ada kegiatan salaman sebelum pertandingan dimulai

Biasanya kedua tim yang akan bertanding,akan masuk kelapangan secara beriringan dan kemudian bersalaman sebelum pertandingan dimulai.Tetapi kali ini,para pemain langsung masuk tanpa melakukan kegiatan tersebut,selain itu setelah pertandingan,salaman dengan wasit diganti dengan salam siku dan tos kaki,seperti yang terjadi di laga Augsburg vs Wolfsburg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here